Minggu, 31 Maret 2013

Rangkuman TIK Kelas IX Bab 5


Rangkuman TIK Kelas IX Bab 5
Hay semua nih ringkasan materi Bab 5 TIK kelas IX , Di Baca BOLEH , Di Copy GAK BOLEH ya :) susah payah ini :)
A.  Mengenal Microsoft PowerPoint 2003


Power Point merupakan program aplikasi pembuat persentasi secara professional yang diproduksi oleh Microsoft Office. Dengan menggunakan Power Point, maka apa yang di sampaikan saat persentasi akan jauh lebih diterima ketimbang menggunakan cara convensional seperti menggunkan OHP atau slide projector ke sebuah layar, sehingga dapat “ditonton” oleh orang banyak.
1.  Mengaktifkan Microsoft PowerPoint 2003
Langkah-langkah menggunakan Microsoft Office PowerPoint yaitu:
-Klik tombol Start.
-Pilih All Programs, kemudian pilih Microsoft Office.
-Pilih Microsoft Office PowerPoint.
-Microsoft PowerPoint akan ditampilkan dan siap digunakan.

2. Tampilan Jendela Microsoft PowerPoint 2003

 

Penjelasan komponen-komponen yang ada pada jendela Microsoft PowerPoint adalah:
1. Tittle bar: merupakan judul dari dokumen yang sedang dikerjakan.
2. Menu bar: daftar menu yang masing-masing terdiri dari beberapa perintah.
3. Standard menu: ikon dan menu untuk menangani file, menyisipkan objek gambar atau grafik.
4. Formatting menu: ikon dan menu yang berhubungan dengan pengaturan huruf dan tulisan.
5. Slide sorter view: menampilkan keseluruhan slide di layar kerja dalam bentuk ukuran kecil.
6. Slide show: menampilkan tayangan sebuah slide.
7. Drawing menu: ikon dan menu yang terdiri dari item yang berhubungan dengan pembuatan ataupun pengaturan gambar.

3.  Menyimpan hasil kerja
Langkah-langkah Menyimpan hasil kerja:
1. Pilih menu File.
2. Pilih Save sehingga muncul kotak dialog Save As.
3. Tentukan tempat (folder) yang akan digunakan untuk menyimpan file tersebut pada opsi Save in.
4. Ketikan nama file pada File name.
5. Klik Save.

4. Menutup Microsoft PowerPoint 2003
Langkah Menutup Microsoft PowerPoint:
1. Pilih menu File.
2. Pilih Exit.

B.  Membuat slide presentasi:
1. Buat garus besar materi dengan kalimat yang singkat, padat dan berisi.
2. Susunannya: Kalimat pembuka, latar belakang, permasalahan, pembahasan dan penutup yang berupa kesimpulan/saran.


1.     Membuat file baru
Langkah-langkah Membuat file baru:
1. Klik menu File -> New.
2. Tekan ctrl+N pada keyboard.

   2.    Menambahkan background:
1. Aktifkan menu Format.
2. Pilih Background, kemudian pilih warna sesuai selera.
3. Pilih salah satu dari pilihan berikut: Apply(untuk slide tersebut saja),Apply all(untuk seluruh slide)

3.  Menambahkan design template:

1. Klik menu Format.
2. Klik Slide design.
3. Pilih Design Template, kemudain pilih design yang diinginkan.

4.  Menambahkan animasi dan efek suara:
1. Aktifkan menu Slide Show.
2. Pilih Custom Animation.
3. Klik teks yang akan dibuatkan animasinya.
4. Pilih bentuk animasi dan efek suara yang diinginkan.

5.    Menyisipkan gambar, clip art, dan autoshapes:
1. Mengaktifkan menu Insert.
2. Pilih Picture.
3. Pilih objek yang diinginkan.

6.    Mengatur tansisi antarslide:
1. Aktifkan menu Slide Show.
2. Klik Slide Tansition.
3. Isi aturan.perintah apa yang diinginkan.

7.    Menambahkan tombol aksi:
1. Pilih slide yang akan ditempati tombol aksi.
2. Pada menu Slide Show, pilih Action Buttons.
3. Pilih tombol aksi yang dinginkan.
4. Klik pada slide untuk menampilkan tombol aksi.
5. Pastikan bahwa Hyperlink to terpilih.
6. Klik OK.

8.    Menampilkan presentasi:
1. Pilih menu Slide Show, kemudian View Show.
2. Tekan F5.
                             
Thank kawan :)

1 komentar: